Pengertian dan Unsur-unsur Identitas Nasional

Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Ciri-ciri bangsa majemuk adalah memiliki unsur-unsur pembentuk kemajemukan bangsa, yaitu suku bangsa, agama, kebudayaan, kondisi geografis dan bahasa. Unsur-unsur pembentuk kemajemukan bangsa tersebut adalah pengertian dari identitas nasional. Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan unsur-unsur pembentuk identitas Nasional.

Pengertian Identitas Nasional

Identitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain. Sedangkan "nasional" berarti bersifat kebangsaan; berkenaan atau berasal dari bangsa sendiri; meliputi suatu bangsa. Jadi Identitas Nasional adalah suatu jati diri atau ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan dan tidak dimiliki oleh bangsa lain. Ciri khas tersebut berkaitan dengan oleh kesamaan fisik, seperti agama, budaya, dan bahasa ataupun non fisik, seperti cita-cita dan tujuan. Identitas disini tidak hanya mewakili satu warga negara saja namun meliputi seluruh bangsa Indonesia. Dengan demikian parameter identitas nasional berarti suatu ukuran yang digunakan untuk menyatakan bahwa identitas nasional itu menjadi ciri khas suatu bangsa.
Pengertian Identitas Nasional Indonesia menurut para ahli adalah sebagai berikut:
Menurut Koenta Wibisono: pengertian Identitas Nasional pada hakikatnya adalah “manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa (nasion) dengan ciri-ciri khas, dan dengan yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya”.
Menurut Dean A. Mix dan Sandra M. Hawley, nation-state merupakan sebuah bangsa yang memiliki bangunan politik seperti ketentuan-ketentuan perbatasan teritorial pemerintah sah, pengakuan bangsa lain, dan sebagainya.
Menurut Koerniatmante Soepraptowiro secara hukum peaturan tentang kewarganegaraan merupakan suatu konsekuensi lnagsung dari perkembangan nasionalisme.
Menurut Michener dan Delamater, 1999; Bostock Dan Smith, 200: Identitas Nasional merupakan salah satu bentuk dari identitas sosial. Identitas  Nasional  dianggap  sebagai  konsep  utama  dari  identifikasi  individu  pada kelompok  sosial  dalam  dunia  modern.
Tajfel  dan  Turner  (1986)  menyatakan  bahwa  secara  umum  Identitas Nasional  menggambarkan  perasaan  yang  subjektif  terhadap  suatu  bangsa, yang pada dasarnya  bersifat positif. Sejalan dengan pendapat tersebut, Blank, Schmidt   dan   Westle   (2001)   menggambarkan   Identitas   Nasional   sebagai perasaan kedekatan yang kuat terhadap negara sendiri. 
Berdasarkan pengertian identitas nasional dari pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa identitas nasional adalah satu bentuk dari identitas  sosial  yang  mencerminkan  identifikasi,  perasaan  dan  penilaian  yang positif dari individu terhadap bangsa dan negaranya.
Adapun indikator identitas nasional secara terperinci dapat dilihat sebagai berikut:
  1. Pola perilaku tampak pada setiap kegiatan masyarakat → adat-istiadat, kebiasan, dan tata kelakuan
  2. Lambang-lambang yang menjadi ciri khas bangsa dan negara → bendera, bahasa, dan lagu kebangsaan.
  3. Infrastruktur yang digunakan untuk mencapai tujuan negara → bangunan, peralatan manusia dan teknologi.
  4. Tujuan yang ingin dicapai bangsa → budaya yang unggul dan prestasi dalam lingkup internasional

Unsur-Unsur Identitas Nasional Indonesia

Pembentukan identitas nasional Indonesia berlangsung cukup panjang. Hal ini dimulai dengan kesadaran senasib dan sepenanggungan ketika bangsa kita dijajah oleh bangsa asing yang kemudian menciptakan komitmen bersama dengan disahkannya Sumpah Pemuda. Dalam perkembangannya, setelah Indonesia berhasil menyatakan kemerdekaan selanjutnya identitas nasional bangsa Indonesia tertuang dalam UUD 1945 pasal 35-36C yang terdiri dari:
  1. Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia 
  2. Bendera Negara yaitu Sang Merah Putih 
  3. Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya 
  4. Lambang Negara yaitu Pancasila
  5. Semboyan Negara yaitu Bhinnika Tunggal Ika 
  6. Dasar Falsafah Negara yaitu pancasila 
  7. Konstituti (Hukum Dasar) Negara yaitu UUD1945 
  8. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat 
  9. Konsepsi Wawasan Nusantara 
  10. Kebudayaan daerah yang telah diteria Kebudayaan Nasional

0 Response to "Pengertian dan Unsur-unsur Identitas Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel