Pengertian dan Perbedaan Kolonialisme dan Imprealisme


Pengertian dan Perbedaan Kolonialisme dan Imprealisme | Kolonialisme dan Imprealisme adalah dua kata yang sering digunakan secara bergantian, namun sebenarnya memiliki perbedaan makna. Para ahli sulit membedakan makna Kolonialisme dan Imprealisme karena keduanya merupakan dominasi politik dan ekonomi suatu negara.
Kolonialisme dan Imprealisme masing-masing memiliki penekanan yang berbeda. Kolonialisme berarti suatu bangsa menguasai kontrol terhadap bangsa lain, sedangkan Imprealisme mengacu pada kontrol politik dan ekonomi, baik secara formal atau informal. 
Latar belakang Kolonialisme dan Imprealisme bermula seiring dengan perubahan ekonomi setelah Revolusi Industri kedua di negara-negara Eropa pada tahun 1870an. Perubahan ini membawa kemajuan dalam berbagai bidang terutama pada bidang Transportasi dan Komunikasi. Pengertian kolonialisme dan imprealisme memang hampir sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang berarti. Pada tulisan ini kita akan membahas tentang pengertian kolonialisme, pengertian imprealisme, perbedaan imprealisme dan kolonialisme, persamaan imprealisme dan kolonialisme, macam-macam imprealisme dan kolonialisme. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pengertian Kolonialisme dan Imprealisme

Kolonialisme adalah sistem atau praktik membangun koloni atau pemukiman di tempat lain (bisa negara atau wilayah tertentu) untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dan politik negara penjajah. Kolonialisme sering juga disebut sebagai praktik penjajahan di negara lain. Kolonialisme biasanya diawali dengan penaklukan suatu wilayah sebelum kemudian dikuasai oleh kolonial. Ini berarti Kolonialisme mengekploitasi sumber daya negara yang ditaklukkan untuk kepentingan negara penakluk. Imprealisme berarti menciptakan sebuah kerajaan yang berkembang ke daerah-daerah lain dan memperluas dominasinya dari jauh.
Pada Kolonialisme kita dapat mengetahui adanya perpindahan orang yang besar menuju wilayah baru dan mereka hidup sebagai penduduk tetap di wilayah baru tersebut. Meskipun mereka memimpin kehidupan sebagai penduduk tetap di wilayah baru, mereka tetap mempertahankan kesetiaan kepada negara ibu mereka. Sedangkan Imperialisme hanya menjalankan kekuasaan atas wilayah yang ditaklukkan baik melalui kedaulatan atau mekanisme kontrol tidak langsung.
Dari pengertian Kolonialisme dan Imprealisme di atas kita dapat menyimpulkan perbedaan secara sederhana, Kolonialisme dapat dianggap sebagai praktik sedangkan Imprealisme sebagai gagasan yang mendorong praktik tersebut.

0 Response to "Pengertian dan Perbedaan Kolonialisme dan Imprealisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel