Sejarah Perseteruan Rivalitas Bonek Dan Arema

 Apa Anda sebagai suporter Arema FC atau supporter Persebaya Surabaya? Bila iya, Anda perlu ketahui riwayat persaingan Arema versus Persebaya dan awalnya perselisihan ke-2 team itu.


Pada intinya beberapa team kesebelasan di Indonesia mempunyai perselisihan. Tetapi konfik di antara Arema versus Persebaya ini yang paling mendarah daging.




Perselisihan di antara supporter Arema FC yang disebutkan "Aremania" dengan supporter Persebaya yang disebutkan "Bonek" kelihatannya tidak mengenal damai, ini sangat lama terjadi.


Beberapa dari supporter ke-2 tim itu cuma tahu jika mereka berbeda dengan tim rivalnya. Tetapi banyak dari mereka yang cuma ikutan berbeda tanpa tahu argumen dibalik konflik itu.


Tawuran Konser Tambaksari


Tanggal 23 Januari 1990 diperhitungkan sebagai pertama kali berlangsungnya perselisihan Aremania dan Bonek. Waktu itu beberapa supporter sepak bola tengah melihat konser Kantata Takwa di Tambaksari, Surabaya.


Sekitaran 30 menit pertama konser, Bonek telah dibikin marah karena tempat depan pentas terkuasai arek-arek Malang yang tetap bersorak menyebutkan ‘Arema', walau sebenarnya waktu itu konser digelar di Surabaya yang disebut daerah sebagian besar Bonek.


Ke-2 tim lalu turut serta tawuran dan bersambung sampai beberapa tahun selanjutnya. Seperti tahun 1992 terjadi tawuran di antara Aremania dan Bonek di lokasi yang serupa.




Versus lain menjelaskan bila perselisihan supporter bermula dari kecemburuan Aremania atas kabar berita media Jawa Timur yang terus-menerus menyampaikan Persebaya. Club yang sama dengan warna hijau itu sering jadi headline pada media walau cuma lakukan latihan, sementara Arema yang memenangi laga malah tidak diliput media.


Tersebut riwayat pertama kali persaingan Arema versus Persebaya. Arema berulang-kali tukar nama sama sesuai pemiliknya. Sementara Persebaya seringkali tergusur dari basisnya. Tetapi perseteruan supporter ke-2 nya jadi berlanjut.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama